Hasil Keputusan Sidang Paripurna, BBM Naik!

Hasil Keputusan Sidang Paripurna, BBM Naik!

Like Us on Facebook

Jakarta, Okanews.com – Setelah berlangsung hampir setengah jam, Sidang Paripurna mengenai kenaikan harga BBM akhirnya telah disahkan oleh Rancangan Undang-Undang (RUU) APBN-P 2013 menjadi UU.

Ini artinya setelah ini harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi akan segera naik dan diikuti oleh berbagai kebutuhan pokok yang senantiasa akan mengikuti harga BBM.

Sekitar hampir 60% dari peserta sidang yang mengikuti Rapat Paripurna kemarin menyatakan setuju untuk mengesahkan RUU menjadi UU. Sedangkan sisanya sekitar 40% atau sebanyak 181 orang menolak kenaikan harga BBM.

Adapun Fraksi yang menolak BBM naik diantaranya adalah Fraksi PKS, Fraksi PDI-P, Fraksi Gerindra, dan Fraksi Hanura. Sedangkan lainnya seperti PAN, Demokrat, Golkar, PPP, dan PKB menyetujui disahkannya UU.

Mekanisme voting yang biasa diambil dalam memutuskan disahkannya hasil Rapat Paripurna dari berbagai Fraksi bisa anda lihat berikut ini.

Fraksi Hanura : Menolak 4 Orang, enerima 0 Orang
Fraksi Gerindra: Menolak 26 orang, menerima 0 Orang
Fraksi PKB: Menerima 23 orang, menolak 0 Orang
Fraksi PPP: Menerima 34 orang, menolak 0 Orang
Fraksi PAN: Menerima 40 orang, menolak 0 Orang
Fraksi PKS: Menolak 51 orang, menerima 0 Orang
Fraksi PDI Perjuangan: Menolak 91 orang, menerima 0 Orang
Fraksi Golkar: Menerima 98 orang, menolak 0 Orang
Fraksi Demokrat: Menerima 143 orang, menolak 0 Orang
Sumber : Kompas

Sementara itu diluar gedung DPR, demo penolakan terjadi secara besar-besaran hingga malam hari. Bukan hanya di Jakarta saja, kota-kota besar seperti Bandung dan juga Medan, demo dilakukan secara massal oleh ormas, mahasiswa, buruh dan elemen masyarakat.

Terkait kenaikan BBM, masyarakat telah menyiapkan BLSM (Bantuan Langsung Sementara Masyarakat) untuk membantu masyarakat akan kenaikan harga BBM bersubsidi yang menjadi kekhawatiran masyarakat.

Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>