Awal Puasa Ramadhan Jatuh Pada Tanggal 10 Juli 2013

Awal Puasa Ramadhan Jatuh Pada Tanggal 10 Juli 2013

Like Us on Facebook

Jakarta, Okanews.com – Penetapan awal puasa Ramadhan atau tanggal 1 Ramadhan yang baru selesai disidangkan pada acara sidang isbat Senin (8/7/2013) akhirnya menetapkan bahwa tanggal 1 Ramadhan 1434 H jatuh pada hari Rabu (10/7/2013). Hadir pada acara tersebut seluruh ormas Islam yang terlihat tidak berbeda pendapat terhadap hasil penentuan 1 Ramadhan.

Menteri Agama Suryadarma Ali menetapkan tanggal 10 Juli 2013 sebagai awal puasa dengan pertama-tama mengucapkan Bismillahirahmanirrahim pada saat acara jumpa pers setelah sidang isbat berlangsung di Kantor Kemenag, Jalan MH Thamrin Senin malam.

Penetapan tersebut berdasarkan hasil pengamatan hilal yang dilakukan pada 33 wilayah di seluruh Indonesia. Dimana ada beberapa lokasi yang menjadi titik pengamatan, diantaranya adalah Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, Gorontalo, Sultengara, Sulut, Sultengah, NTT, Bali, NTB, Sulsel, Mamuju, Kaltengah, Kaltim, Kalbar, Kaltim, Kalsel, Jatim, DIY, Jateng, dan juga Aceh.

Dikatakan oleh Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat (Binmas), Kementerian Agama, Mukhtar Ali bahwa dari semua nama diatas belum ada satupun yang melihat hilal sehingga hilal baru akan terlihat esok hari atau Selasa (9/7/2013).

Dikutip dari Detik, Sidang isbat Senin malam dihadiri oleh para pejabat Kementerian Agama, Ketua MUI, Pimpinan Komisi VIII DPR, Pimpinan MA, Polri dan TNI, serta wakil dari dubes negara sahabat. Sedangkan untuk ormas yang hadir adalah dari ICMI, MUI, PBNU, PITI, Wahdah Islamiyah, Robithoh Alawiyah, Lembaga Persahabatan Ormas Islam, IKADI, Sarekat Islam, Al Ittihadiyah, Persis, PUI, Perhimpunan Al-Irsyad, dan Al-Washliyah.

Sementara yang menjalankan puasa pada besok Selasa (9/7/2013) adalah Muhammadiyah yang telah menetapkan hari pertama puasa sejak jauh-jauh hari.

Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>